Malaysia Minta Situs Sejarah di Keudah Dilestarikan

 Mungkin generasi muda di Malaysia banyak yang tidak Tahu kaitan sejarah Negeri kedah, Malaysia dengan Aceh.Jangan heran,Di Aceh ada nama kampung "Keudah" tidak jauh dari Krueng Aceh.

Baik sekarang kita simak berita dari Harian Serambi Indonesia Edisi 8 Januari 2010,Berikut ini ;
 Majlis Kebudayaan Negeri Kedah, Malaysia, meminta Pemerintah Aceh dapat melestarikan situs-situs sejarah yang terdapat di Gampong Keudah, Kecamatan Kutaraja, Banda Aceh, termasuk sejarah yang berhubungan dengan Malaysia. Hal itu disampaikan Pengurus Persatuan Sejarah Kedah Darul Aman, Wan Shamsudin bin Mohd Yusof, dalam seminar bertajuk “Hubungan Aceh-Kedah dalam Lintasan Sejarah”, Jumat (7/1). Seminar itu berlangsung di Gedung Auditorium Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan Universitas Syiah Kuala (FKIP-Unsyiah) Banda Aceh.

Menurut Wan Shamsudin, masyarakat Kedah (Malaysia) punya hubungan khusus dengan Aceh. Misalnya di Gampong Keudah, sebut Shamsudin, pernah terjadi peperangan antara Kerajaan Aceh dan Kerajaan Kedah tahun 1619 M. Di Gampong Keudah inilah 7.000 rakyat Kedah (Malaysia) ditahan. “Saat itu, tentara Aceh dipimpin Sultan Iskandar Muda. Kerajaan Kedah kalah dan Sultan Sulaiman Shah bersama permaisurinya ditahan di Gampong Keudah bersama 7.000 rakyatnya. Karena itu, kami minta kepada pemerintah, jika boleh, situs-situs sejarah di Gampong Keudah bisadilestarikan,” kata Wan Shamsudin.

Ia beharap pemerintah di Aceh dapat melestarikan sejarah itu, sama seperti negeri Kedah menjaga bukti sejarah keberadaan orang-orang Aceh di sana. “Di Malaysia, ada nama Kampung Aceh. Kami sangat menjaga bukti-bukti sejarah di sana. Kami berharap, di Aceh juga bisa dilakukan sebaliknya, agar ketika ditulis di dalam buku, buktinya bisa ditemukan di sini,” ujarnya. Sementara itu, Direktur Pusat Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial dan Budaya (PPISB) Unsyiah, Dr Husaini Ibrahim MA mengatakan, memang sepatutya situs-situs sejarah di Gampong Keudah dilestarikan sebagai bukti sejarah keterkaitan antara Keudah di Aceh dan orang-orang Aceh yang ada di Kedah Malaysia.
* Dengan penambahan dari Penulis
sumber:

0 Komentar:

Post a Comment

Tinggalkan Komen Anda disini!Terima kasih

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...