TV Al Hijriah Malaysia Telusuri Jejak Campa di Aceh

Bireun,Aceh - Tim TV Islam Al-Hijrah Malaysia bersama pemerhati sejarah dan budaya Aceh, M Adli Abdullah, Kamis (14/4/2011) menelusuri jejak Kerajaan Islam Campa di lokasi bekas Kerajaan Jeumpa di Desa Blang Sepeung, Kecamatan Jeumpa, Bireuen.
Adli kepada Serambi, kemarin, mengatakan, kegiatan itu dilakukan dalam rangka program titian ombak yang direncanakan 13 episode. Program ini menelusuri peranan Aceh dalam penyebaran Islam di Asia Tenggara. Salah satu episodenya adalah menelusuri jejak kerajaan Melayu Islam Campa di Vietnam yang sudah hilang dan menurut catatan sejarah sebagian besar penduduk dan rajanya hijrah ke Aceh pada abad Ke-13 dan kemudian mendirikan kerajaan Jeumpa yang ibu kotanya berada di Blang Seupeung, Kecamatan Jeumpa, Bireuen.


Sementara pengarah TV Hijrah Malaysia, Ustad Wan Ilyas mengatakan, penelusuran jejak kerajaan Islam Campa di Bireuen itu dilakukan pihaknya dalam rangka memelihara jejak warisan peradabaan Islam di Asia Tenggara. Hasil penelusuran itu nantinya akan dibuat dalam seri dokumenter yang akan disiarkan di seluruh dunia. “Sebelumnya kami juga telah berhasil membuat dokumenter seri jejak Rasul yang selama ini diputar di seluruh dunia,” katanya

sumber;

0 Komentar:

Post a Comment

Tinggalkan Komen Anda disini!Terima kasih

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...